Sabtu, 19 Juli 2008

Movieholic


Kung Fu Panda

Zhao Bandi, seorang seniman panggung China yang terkenal karena menggunakan sosok panda, menuntut DreamWorks atas gambaran Po (diisi suara oleh Jack Black) dalam film KUNG FU PANDA. Bandi meminta DreamWorks meminta maaf karena telah menyinggung simbol nasional China tersebut.

Saat berbicara pada Variety, Bandi menyuarakan keberatannya atas warna mata dan orang tua Po si Panda.

"Mendesain panda dengan mata hijau adalah suatu konspirasi. Panda yang memiliki mata hijau memendam maksud jahat. Aku telah mempelajari cara-cara melukis dengan cat, dan kami tidak akan pernah menggunakan mata hijau untuk menggambarkan figur baik hati. Jadi aku minta mereka membuka rapat kreatif mereka tentang film ini dan menjelaskan mengapa mereka memilih mata hijau?"

"Kemudian, mengapa ayah panda adalah bebek? Banyak orang asing berpikir bahwa panda raksasa bukan hanya simbol negara China namun juga simbol masyarakat China. Adalah sebuah hinaan jika menggambarkan ayah dari seekor panda raksasa sebagai seekor bebek. Saya khawatir, dalam beberapa tahun ke depan, beberapa anak muda China menganggap nenek moyang mereka adalah Donald Bebek."

Zhao sebelumnya meminta agar KUNG FU PANDA dilarang tayang di China karena film itu akan membuat para korban Sichuan menjadi tidak senang. Perilisan film tersebut memang ditunda namun KUNG FU PANDA yang dibintangi juga oleh Jackie Chan dan Lucy Liu ini tetap tayang mulai 20 Juni yang lalu setelah adanya protes secara online

Tidak ada komentar: